Rekomendasi Sistem Kasir yang Efisien Untuk Salon

By Muhammad Doni Darmawan, 27/02/2023 - 19:02

Salon adalah bisnis yang mengharuskan penggunaan sistem kasir yang efisien dan handal untuk mengelola transaksi penjualan dan pembelian produk perawatan dan layanan kecantikan. Sistem kasir yang efisien adalah hal penting dalam manajemen bisnis di berbagai sektor, termasuk di industri kecantikan seperti salon.

Penggunaan sistem kasir yang tepat dapat membantu memudahkan proses transaksi penjualan dan pembelian produk perawatan dan layanan kecantikan, mengelola stok produk, serta memantau laporan keuangan secara efektif. Oleh karena itu, salon yang ingin meningkatkan efisiensi dan produktivitas bisnisnya dapat mempertimbangkan penggunaan sistem kasir yang modern dan terintegrasi dengan teknologi, sehingga dapat memudahkan pengelolaan bisnis dengan lebih efisien dan akurat.

Bisnis salon memang tidak pernah mati. Kebutuhan masyarakat akan layanan perawatan diri masih sangat tinggi. Apabila Anda sedang berbisnis salon dan ternyata masih sepi pelanggan, mungkin sudah saat meng-upgrade beberapa hal termasuk teknologinya. Nah, salah satu yang perlu diperbarui adalah teknologi pembayaran dengan aplikasi kasir Indonesia yang kekinian.

Ada banyak keuntungan ketika Anda menggunakan aplikasi kasir ketimbang kasir manual. Di antaranya :

1. Lebih Efisien

Aplikasi kasir Indonesia akan membuat bisnis salon yang Anda lakukan jadi semakin efisien . Sebab, Anda sudah mendapatkan beberapa layanan sekaligus. Seperti laporan keuangan otomatis, manajemen karyawan, struk digital, dan sebagainya. Sehingga, akan meminimalisir penggunaan waktu untuk hal tersebut. Anda pun bisa lebih fokus untuk melayani pelanggan secara maksimal dan melakukan promosi.

2. Adanya Manajemen Stok

Bagi pebisnis salon yang masih menggunakan sistem manajemen stok manual, maka pebisnis harus meninjau secara fisik stok alat dan kebutuhan salon yang dimiliki secara berkala. Ini tentu tidak akan efektif untuk bisnis. Terlebih jika salon sudah berskala besar. Maka dari itu, manajemen stok otomatis akan menghemat waktu dan tenaga Anda. Selain itu, Anda bisa lebih mudah menentukan keputusan pembelian barang dengan tepat.

3. Melacak Kinerja Karyawan dengan Mudah

Sebagai pemilik usaha salon, tentu saja Anda tidak bisa selalu memantau kinerja karyawan. Maka dari itu, adanya aplikasi kasir online ini akan membuat Anda bisa selalu mengecek kinerja mereka. Sebab, data akan ter-upload otomatis ke cloud yang bisa Anda lihat melalui aplikasi pusat.

4. Tingkat Kesalahan Bisa Diminimalisir

Dengan aplikasi kasir Indonesia, kesalahan penginputan data hingga hal-hal yang ada kaitannya dengan transaksi bisa dikurangi. Sebab, data akan otomatis terinput dengan kesalahan yang minim.

5. Mendukung Pembayaran Digital

Saat ini, gaya hidup masyarakat mulai beralih menjadi cashless. Maka dari itu, bisnis salon Anda pun bisa menyingkirkan semua jenis kertas dan beralih menjadi produk digital. Salon pun mendukung pembayaran digital serta mendapatkan struk elektronik. 

Baca juga: Mau Pilih Aplikasi Kasir Indonesia? Perhatikan Kriteria Ini!

Pasarind, Aplikasi Kasir Indonesia Terbaik untuk Salon

Free photo young female wear face mask self service use mobile phone pay contactless at restaurant.

Setelah menyimak keuntungan menggunakan aplikasi kasir, sudah selayaknya Anda mulai mempertimbangkannya. Nah, jika butuh rekomendasi aplikasi kasir yang murah dengan keuntungan segudang, maka jawabannya adalah Pasarind.

Aplikasi kasir ini akan memudahkan segala hal terkait bisnis salon yang Anda jalankan. Harga aplikasi ini sangat terjangkau dan cocok untuk bisnis dengan skala kecil, menengah, hingga besar. Berapapun jumlah transaksinya, biaya yang dibutuhkan hanya Rp 75.000,- saja per bulan untuk setiap outlet.

Layanan yang tersedia juga sangat mumpuni

Free photo smiling man and woman at cash register

1. Aplikasi Kasir Online

Aplikasi yang digunakan untuk memudahkan pengelolaan dan pencatatan transaksi penjualan secara digital. Aplikasi ini biasanya terhubung dengan internet sehingga dapat digunakan secara online atau cloud-based.

2. Manajemen Inventori

Suatu proses pengelolaan dan pengendalian stok barang atau bahan yang dimiliki oleh sebuah perusahaan. Tujuan dari manajemen inventori adalah untuk memastikan bahwa perusahaan memiliki persediaan yang cukup untuk memenuhi permintaan pelanggan dan produksi.

3. Manajemen Dapur

Suatu proses pengelolaan dan pengendalian operasi dapur atau kitchen di sebuah restoran, hotel, atau tempat makan lainnya. Tujuannya adalah untuk memastikan dapur berjalan dengan efisien, terorganisir dengan baik, dan memenuhi standar kualitas yang tinggi.

4. Manajemen Pelanggan

Suatu strategi bisnis yang bertujuan untuk memperoleh, mempertahankan, dan meningkatkan hubungan dengan pelanggan dengan cara memahami dan memenuhi kebutuhan dan keinginan mereka. Tujuannya adalah untuk memperoleh keuntungan jangka panjang dengan membangun hubungan yang kuat dan berkelanjutan dengan pelanggan.

5. Manajemen Karyawan

Proses pengelolaan sumber daya manusia di sebuah organisasi, termasuk dalam pengelolaan rekrutmen, pelatihan, pengembangan, pengawasan, evaluasi, dan pengambilan keputusan terkait karyawan. Tujuan utama dari manajemen karyawan adalah untuk memastikan bahwa organisasi memiliki tenaga kerja yang berkualitas dan produktif, yang mampu mencapai tujuan bisnis dan memenuhi kebutuhan pelanggan.

6. Laporan Keuangan

Suatu dokumen yang berisi informasi mengenai kondisi keuangan suatu perusahaan atau organisasi dalam periode tertentu. Laporan keuangan menyajikan data keuangan yang dapat membantu pihak internal dan eksternal dalam mengambil keputusan bisnis, mengevaluasi kinerja keuangan, dan memprediksi potensi bisnis di masa depan.

7. QRIS

QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) adalah standar kode QR (Quick Response) yang dikembangkan oleh Bank Indonesia sebagai cara pembayaran elektronik yang mudah dan aman di Indonesia. QRIS memungkinkan pelanggan untuk melakukan pembayaran secara langsung dengan menggunakan aplikasi dompet digital pada smartphone mereka, dengan hanya melakukan pemindaian kode QR yang tersedia pada pedagang atau penjual.

8.Tagihan Online

Layanan pembayaran tagihan melalui internet yang memungkinkan pengguna untuk membayar tagihan mereka secara online tanpa harus pergi ke tempat pembayaran fisik. Pengguna dapat melakukan pembayaran tagihan seperti tagihan listrik, tagihan air, tagihan telepon, tagihan internet, tagihan kartu kredit, dan sebagainya dengan mudah melalui layanan tagihan online yang disediakan oleh penyedia jasa pembayaran online.

9. Personal Barcode

Kode barcode yang berisi informasi pribadi seseorang seperti nama, alamat, nomor telepon, alamat email, atau tautan ke halaman profil sosial media. Personal barcode biasanya dibuat dengan menggunakan generator kode QR yang dapat diakses melalui aplikasi di smartphone.

10. Struk Digital

Bentuk struk pembayaran elektronik yang dikirimkan ke pelanggan melalui email atau aplikasi ponsel setelah mereka melakukan pembayaran menggunakan kartu kredit, dompet digital, atau metode pembayaran elektronik lainnya. Struk digital menggantikan struk fisik atau kertas yang biasanya diberikan oleh penjual atau merchant setelah pembayaran dilakukan.

11. Akses yang terpisah antara owner dan outlet

konsep dalam manajemen bisnis yang menunjukkan bahwa pemilik bisnis atau owner dan outlet atau cabang bisnis memiliki hak akses yang berbeda pada sistem informasi atau aplikasi manajemen bisnis yang digunakan.

12. CRM

CRM (Customer Relationship Management) adalah strategi bisnis yang bertujuan untuk memperkuat hubungan dan interaksi antara perusahaan dan pelanggan. Dalam implementasinya, CRM biasanya dilakukan dengan menggunakan sistem informasi dan teknologi untuk mengumpulkan dan menganalisis data pelanggan, sehingga perusahaan dapat memahami kebutuhan dan preferensi pelanggan secara lebih baik.

 Agar bisnis salon Anda bisa berkembang dengan baik, segera upgrade kasir manual menjadi kasir online Indonesia Pasarind. Harganya terjangkau dengan fitur-fitur yang maksimal.

Baca juga: Kekurangan dan Kelebihan Aplikasi Kasir Online yang Perlu Kamu Tahu

Bagaimana Cara Menggunakan Aplikasi Kasir Pasarind?

pasarind

Untuk menggunakan aplikasi Pasarind, Anda bisa langsung mengunjungi laman pasarind.id. Sebelum menggunakan, Anda juga bisa melakukan request demo untuk menjajal performanya. Jika puas, bisa langsung melanjutkannya dengan cara :

1. Masuk laman pasarind.id, kemudian klik “coba sekarang gratis” di bagian atas laman.

2. Anda akan diarahkan ke Google Play dan klik “Install”.

3. Silakan buka dan gunakan aplikasi kasir.

Sekarang, Anda sudah siap memasuki era digital yang baru dan perkembangan bisnis yang semakin pesat. Tak perlu ragu lagi dengan sederet benefit yang akan Anda dapatkan. Yuk, segera unduh dan gunakan Pasarind untuk bisnis salon Anda!

Muhammad Doni Darmawan
Doni is a digital content writer at Pasarind. He keeps on pursuing opportunities to engage with more people through articles and SEO.

Komentar

Siap Memulai Bisnis
Anda Secara Lebih
Mudah?

Set up dalam hitungan menit, mulai berjualan dalam hitungan detik.

Coba Sekarang!

Tidak Ada Lagi Integrasi Rumit

Mulai sekarang juga untuk bisnis yang lebih berkembang dan pasti jauh lebih mudah dengan Pasarind