Mengenal Brand Positioning dan Strateginya

By Muhammad Doni Darmawan, 27/02/2023 - 18:02

Jika diamati, brand-brand dengan citra yang kuat tentu lebih mudah dikenali pelanggan serta mempunyai keunggulan di pasar. Misalnya, ketimbang membeli produk air mineral dengan merek yang belum jelas, tentu Anda lebih memilih yang sudah jelas-jelas melekat di benak seperti Aqua, Le Minerale, dan sebagainya.

Inilah yang disebut dengan brand positioning. Artinya, brand positioning digambarkan tentang sejauh mana brand tersebut kredibel, berbeda, serta menguntungkan bagi para konsumennya. Bagi para pebisnis, mengetahui tentang brand positioning dan strateginya adalah hal yang wajib dilakukan. Sebab, hal ini akan sangat mempengaruhi tingkat kesuksesan dalam meraih target pasar.

Nah, bagi Anda yang penasaran tentang brand positioning ini, langsung saja simak penjelasannya di bawah ini!

Pengertian Brand Positioning

Brand positioning merupakan strategi bisnis yang membuat suatu brand menjadi lebih dekat dengan para pelanggan. Caranya dengan menonjolkan sisi unik brand yang membedakannya dengan kompetitor. 

Menurut riset yang dilakukan oleh Mail Shake, brand image yang lebih kuat bisa meningkatkan revenue sebanyak 33%. Artinya, semakin kuat citra brand yang dibentuk, maka kesempatan untuk lebih unggul di pasaran akan menjadi lebih besar.

Secara sederhana, brand positioning juga bisa diartikan sebagai proses dalam memosisikan brand tersebut di hati pelanggan. Jadi, strategi yang diterapkan pun tidak hanya tagline serta penggunaan logo yang khas saja. Lebih dari itu, strategi brand positioning melibatkan pembentukan asosiasi brand bagi pelanggan sehingga mereka akan mengenal brand tersebut dengan persepsi khusus.

Ada hubungan yang erat antara strategi brand positioning dengan customer loyalty serta brand equality. Maka dari itu, nantinya, penerapan strategi yang tepat akan mampu meningkatkan brand awareness sehingga dampaknya adalah keuntungan bisnis yang cukup signifikan.

 

Baca juga : Trik Marketing Terbaru untuk Dapatkan Lebih Banyak Pelanggan

Manfaat brand positioning

Free photo marketing branding creativity business values

Brand positioning adalah suatu proses strategis yang digunakan oleh perusahaan untuk menciptakan dan membangun citra merek yang diinginkan di dalam pikiran konsumen. Ini adalah cara yang efektif untuk membedakan merek dari pesaingnya dan memberikan keunggulan kompetitif dalam pasar. Berikut adalah beberapa manfaat brand positioning:

1. Membedakan merek dari pesaing 

Brand positioning membantu perusahaan untuk menonjolkan mereknya dari pesaing dan membedakan produk atau jasa yang ditawarkan. Dengan demikian, konsumen akan lebih mudah mengingat merek dan memilihnya ketika membutuhkan produk atau jasa yang serupa.

2. Meningkatkan kesadaran merek 

Brand positioning membantu meningkatkan kesadaran merek di antara konsumen. Ketika perusahaan memiliki citra merek yang kuat dan konsisten, konsumen akan lebih mudah mengingat merek dan berinteraksi dengan merek di masa depan.

3. Meningkatkan loyalitas pelanggan 

Brand positioning membantu menciptakan koneksi emosional dengan konsumen, yang pada gilirannya meningkatkan loyalitas pelanggan. Ketika konsumen merasa terhubung dengan merek, mereka cenderung menjadi pelanggan setia dan merekomendasikan merek tersebut kepada orang lain.

4. Menarik target pasar yang tepat 

Brand positioning membantu perusahaan menentukan target pasar yang tepat dan menarik perhatian mereka. Dengan mengetahui siapa target pasar yang diinginkan, perusahaan dapat memastikan pesan mereknya disampaikan dengan tepat dan efektif.

5. Meningkatkan nilai merek 

Brand positioning membantu meningkatkan nilai merek. Ketika perusahaan memiliki citra merek yang kuat dan diingat oleh konsumen, merek tersebut memiliki nilai yang lebih tinggi di pasar.

6. Memungkinkan penetapan harga yang lebih tinggi 

Brand positioning memungkinkan perusahaan untuk menetapkan harga yang lebih tinggi untuk produk atau jasa yang ditawarkan. Konsumen cenderung lebih memilih merek dengan citra yang kuat dan positif, bahkan jika itu berarti membayar lebih.

Brand positioning adalah suatu strategi yang penting bagi perusahaan untuk membangun citra merek yang kuat dan berbeda dari pesaing. Hal ini dapat meningkatkan kesadaran merek, meningkatkan loyalitas pelanggan, menarik target pasar yang tepat, meningkatkan nilai merek, dan memungkinkan penetapan harga yang lebih tinggi.

Baca juga : Mengenal Affiliate Marketing yang Happening di 2022

Strategi Brand Positioning yang Dapat Diterapkan

Free photo online marketing

Agar bisa menerapkan brand positioning, Anda bisa mengikuti tiga strategi berikut:

1. Price-based Positioning

Sesuai dengan namanya, strategi yang pertama adalah dengan menerapkan harga yang unik untuk produk atau layanan yang diberikan. Misalnya, Anda bisa memosisikan produk sebagai yang termurah. Biasanya, strategi price-based positioning mudah berhasil karena semua orang sepertinya menyukai sesuatu yang harganya murah.

2. Convenience-based Positioning

Jika Anda tidak bisa memproduksi barang dengan harga yang termurah di pasaran, maka titik beratkan pada kenyamanan layanan atau produk. Hal yang perlu dipertimbangkan adalah kemudahan penggunaan, aksesibilitas, lokasi, dukungan di beragam platform, dan sebagainya.

Tak hanya itu saja, Anda juga bisa membuat desain produk yang menarik sehingga pelanggan lebih nyaman. Dengan kenyamanan yang ditawarkan, maka tidak ada salahnya bagi Anda menawarkan harga yang cukup tinggi.

3. Quality-based Positioning

Terakhir, ada quality-based positioning yang artinya perusahaan menekankan kualitas yang ada pada produk. Sehingga, biaya premium bukanlah hal yang haram diterapkan. Kualitas produk dapat Anda tunjukkan dari proses pembuatan yang detail, bahan baku berkualitas tinggi, produksi dalam jumlah yang tidak terlalu besar, dan sebagainya.

Meskipun bisa dibilang menjanjikan karena harga yang diterapkan bisa sangat tinggi dan menguntungkan, tetapi strategi ini tidak dapat diaplikasikan secara sembarangan.

Itulah pengertian dari brand positioning dan strateginya. Untuk membuat produk Anda mendapat tempat di hati masyarakat, silakan upgrade juga layanan yang diberikan. Contohnya dengan menggunakan aplikasi kasir online Pasarind. Dengan aplikasi ini, maka Anda bisa lebih fokus untuk menerapkan brand positioning karena tidak lagi direpotkan dengan pengelolaan stok, laporan keuangan, manajemen inventori, dan sebagainya.

Sebab, di Pasarind, Anda akan mendapatkan semua itu secara otomatis. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai Pasarind, silakan cek di laman utama website kami di pasarind.id. Yuk, jadikan bisnis Anda meningkat pesat bersama Pasarind!

Muhammad Doni Darmawan
Doni is a digital content writer at Pasarind. He keeps on pursuing opportunities to engage with more people through articles and SEO.

Komentar

Siap Memulai Bisnis
Anda Secara Lebih
Mudah?

Set up dalam hitungan menit, mulai berjualan dalam hitungan detik.

Coba Sekarang!

Tidak Ada Lagi Integrasi Rumit

Mulai sekarang juga untuk bisnis yang lebih berkembang dan pasti jauh lebih mudah dengan Pasarind