Kekurangan dan Kelebihan Aplikasi Kasir Online yang Perlu Kamu Tahu

By Muhammad Doni Darmawan, 13/10/2022 - 21:10

Aplikasi kasir online yang dikenal dengan POS atau Point of Sales merupakan aplikasi digital yang digunakan untuk sistem penjualan. Di era modern saat ini Anda bisa beralih dari mesin konvensional ke aplikasi kasir online. Bisnis yang membutuhkan kasir online ini seperti retail, food, cafe dan restaurant.

Berbagai kemudahan akan dirasakan saat menggunakan aplikasi kasir online untuk bisnis Anda. Untuk lebih mengenalnya, silakan simak kekurangan dan kelebihan dari aplikasi kasir online yang perlu Anda tahu. Hal ini penting supaya Anda bisa menentukan aplikasi kasir mana yang akan digunakan.

 Kekurangan Aplikasi Kasir Online

Setidaknya terdapat 2 kekurangan pada aplikasi kasir online, seperti:

1. Adanya Biaya

Tentu saja jika Anda ingin menggunakan aplikasi kasir online ada biaya yang perlu dikeluarkan. Untuk membeli program pada sistem aplikasi Anda perlu mengeluarkan biaya dalam melakukan settingan. Untuk menanggulanginya, Anda bisa menyesuaikan fitur yang ada dengan kebutuhan bisnis.

2. Rentan Terhadap Virus

Aplikasi kasir online adalah sebuah software, Anda perlu hati-hati jika program terkena virus. Virus yang menyerang program dapat membuat laporan hilang. Sebaiknya, pilih aplikasi kasir yang memiliki layanan pelanggan jika program tersebut terserang virus atau aplikasi kasir yang memiliki sistem cadangan program. 

Kelebihan Aplikasi Kasir Online

Meskipun aplikasi kasir online memiliki kekurangan, Anda tidak perlu khawatir karena terdapat pula banyak kelebihan, seperti:

1. Cocok untuk Semua Jenis Usaha

Salah satu aplikasi POS yang memberikan banyak manfaat bagi bisnis Anda yaitu Pasarind. Aplikasi kasir ini cocok untuk berbagai jenis usaha. Berbagai jenis usaha yang bisa menggunakan aplikasi ini seperti ritel, makanan, kafe dan restoran, handphone dan tablet, laptop dan komputer, buku, elektronik, pet shop, dan lain sebagainya.

2. Adanya Pilihan Pembayaran Beragam

Kelebihan selanjutnya adanya sistem pilihan pembayaran yang beragam. Bisnis yang baik mampu menawarkan berbagai sistem pembayaran bagi pelanggannya. Aplikasi kasir yang baik bisa menawarkan sistem pembayaran mulai dari cash hingga cashless. Adapun sistem pembayaran cashless yang dapat digunakan seperti QRIS, e-wallet, kartu kredit, dan kartu debit.

3. Adanya Layanan Pelanggan 24 Jam dalam 7 Hari

Kelebihan yang dimiliki pada aplikasi Pasarind adanya layanan pelanggan 24 jam penuh dalam 7 hari tanpa libur. Anda bisa menghubungi layanan pelanggan kapanpun saat terjadi gangguan pada aplikasi. Dengan adanya sistem perawatan yang baik, aplikasi kasir online tidak akan terjadi kerusakan.

4. Harga yang Terjangkau

Menggunakan aplikasi kasir online tidak ada yang gratis. Layanan secara gratis biasanya hanya diberikan untuk pertama kali saja saat mencobanya. Namun, anda bisa memilih aplikasi kasir online dengan harga terjangkau.

Pilihlah aplikasi yang menawarkan berbagai fitur dengan pembayaran yang bisa dilakukan satu bulan sekali. Sebelum membayar, pastikan Anda melakukan demo terlebih dahulu di website resmi aplikasi kasir tersebut. Anda juga bisa memilih fitur-fitur pada aplikasi kasir online dengan menyesuaikan budget dan kebutuhan bisnis.

Berbagai kelebihan tersebut dapat Anda temukan pada aplikasi POS Pasarind. Aplikasi kasir ini juga telah meminimalisir kekurangan yang biasanya terjadi pada aplikasi kasir online sebagaimana yang sudah dijelaskan. Adanya sistem layanan pelanggan membuat Anda tidak perlu ragu lagi untuk menggunakannya. Anda bisa menghubungi aplikasi kasir Pasarind kapanpun saat terjadi gangguan. Silakan kunjungi website POS Pasarind dan unduh aplikasinya di Play Store.

Muhammad Doni Darmawan
Doni is a digital content writer at Pasarind. He keeps on pursuing opportunities to engage with more people through articles and SEO.

Komentar

Siap Memulai Bisnis
Anda Secara Lebih
Mudah?

Set up dalam hitungan menit, mulai berjualan dalam hitungan detik.

Coba Sekarang!

Tidak Ada Lagi Integrasi Rumit

Mulai sekarang juga untuk bisnis yang lebih berkembang dan pasti jauh lebih mudah dengan Pasarind