Mau Pilih Aplikasi Kasir Indonesia? Perhatikan Kriteria Ini!

By Muhammad Doni Darmawan, 07/10/2022 - 18:10

Aplikasi kasir atau juga kerap disebut dengan istilah point of sale merupakan sebuah inovasi teknologi yang cukup mengesankan. Pasalnya, hadirnya aplikasi ini menjadi solusi yang tepat untuk memenuhi kebutuhan operasional bisnis terutama di era bisnis seperti saat ini.

Jika sebelumnya seorang kasir harus mengingat harga barang dan menggunakan kalkulator untuk menghitungnya, aplikasi kasir Indonesia memberikan kemudahan yang lebih. Anda tidak lagi perlu mengingat harga karena adanya data base yang tersedia. Selain itu, ada perhitungan otomatis yang tersedia untuk memudahkan penjumlahan.

Memang, ada cukup banyak aplikasi kasir yang tersedia baik di Google Play ataupun App Store. Nah, pada kesempatan ini akan dibahas beberapa tips memilih aplikasi kasir yang tepat demi operasional bisnis yang lebih mudah. Penasaran? Simak ulasannya!

Baca juga : Aplikasi Kasir Online vs Kasir Manual, Pilih Mana?

Tips Memilih Aplikasi Kasir yang Tepat

Seperti dibahas di awal, ada cukup banyak aplikasi kasir yang tersedia dan bisa didapatkan dengan mudah. Namun, untuk menemukan aplikasi yang tepat, ada beberapa tips memilih yang perlu Anda perhatikan.

Adapun beberapa tips yang dimaksud adalah:

  1. Ketahui apa yang menjadi kebutuhan Anda

Sebelum memilih aplikasi kasir yang tepat, maka ada baiknya jika Anda mengetahui apa yang menjadi kebutuhan Anda. Memang, secara umum, aplikasi kasir akan memberikan beragam fitur unggulan untuk dimanfaatkan. Bisa jadi, Anda tidak memerlukan semua fitur unggulan yang ada di dalamnya.

Sebagai contoh, beberapa pengguna hanya memerlukan program untuk melakukan kalkulasi harga. Atau, mereka hanya memerlukan aplikasi yang membantu mereka mencetak setruk belanja.

  1. Kemudahan penggunaan

Bisa dibayangkan bagaimana rasanya jika Anda menggunakan aplikasi kasir yang sudah dioperasikan padahal pelanggan sedang ramai? Tentu, Anda pasti akan merasa repot dan juga ribet.

Nah, terkait hal tersebut, pastikan Anda memilih aplikasi kasir yang memberikan kemudahan penggunaan. Sebagai patokan, pastikan aplikasi kasir yang Anda pilih tersebut memiliki UI desain yang sederhana dan semua fitur yang disertakan tertata dengan sangat rapi.

  1. Mendukung penyimpanan cloud

Jika memungkinkan, ada baiknya jika Anda memilih aplikasi kasir yang sudah memiliki dukungan penyimpanan cloud. Ini adalah salah satu fitur yang sangat membantu, Pasalnya, dengan penyimpanan cloud, tidak ada beban data di memori device yang digunakan. Selain itu, data pun bisa diakses kapan saja dan di mana saja dengan device yang berbeda.

  1. Keamanan data yang baik

Tips lain yang penting dipertimbangkan saat hendak memilih aplikasi kasir adalah memastikan keamanan data yang baik. Pasalnya, aplikasi kasir yang hendak digunakan akan menyimpan banyak data dan juga stok barang. Oleh karenanya, aplikasi kasir tersebut tidak boleh diakses semua orang.

Baca juga : Strategi Branding yang Harus Dilakukan Pengusaha untuk Menaikkan Value Produk

  1. Cek fitur yang tersedia

Tidak ada salahnya jika Anda juga mengecek fitur yang tersedia pada aplikasi kasir tersebut. Tentu, aplikasi kasir yang bagus adalah aplikasi yang menawarkan fitur lengkap. Tidak hanya sekadar fitur tentang stok barang atau pencetakan setruk saja, melainkan juga customer service yang siap membantu Anda jika diperlukan.

Beberapa hal di atas adalah tips mendasar yang penting diperhatikan saat hendak memilih aplikasi kasir. Sebagai tambahan, pilih aplikasi kasir yang memiliki reputasi serta review yang bagus dari pengguna.

Nah, terkait aplikasi kasir tersebut, Anda bisa menggunakan pasarind.id sebagai pilihan. Aplikasi ini menawarkan fitur lengkap untuk membantu administrasi dan operasional bisnis yang Anda jalankan. Download dan nikmati keunggulan aplikasi kasir ini!

Muhammad Doni Darmawan
Doni is a digital content writer at Pasarind. He keeps on pursuing opportunities to engage with more people through articles and SEO.

Komentar

Siap Memulai Bisnis
Anda Secara Lebih
Mudah?

Set up dalam hitungan menit, mulai berjualan dalam hitungan detik.

Coba Sekarang!

Tidak Ada Lagi Integrasi Rumit

Mulai sekarang juga untuk bisnis yang lebih berkembang dan pasti jauh lebih mudah dengan Pasarind