Mengenal Affiliate Marketing yang Happening di 2022

By Muhammad Doni Darmawan, 17/10/2022 - 19:10

Pernah mendengar tentang affiliate marketing sebelumnya? Untuk Anda yang sudah berkecimpung di dunia bisnis online dalam waktu yang cukup lama, pasti Anda sudah cukup familiar dengan affiliate marketing.

Bisa dikatakan bahwa affiliate marketing merupakan salah satu ide bisnis online yang cukup efektif untuk mendapatkan tambahan penghasilan dengan cukup mudah. Pasalnya, Anda yang menjalankan ide bisnis ini hanya perlu menjual produk yang memiliki hubungan afiliasi kepada konsumen. Apabila terjadi transaksi, maka Anda akan mendapatkan komisi.

Nah, pada kesempatan ini akan dibahas beberapa hal tentang affiliate marketing yang bisa dijadikan pertimbangan ketika Anda ingin turut di dalamnya. Penasaran? Cek ulasannya!

Sekilas Tentang Affiliate Marketing

Apa yang sebenarnya dimaksud dengan affiliate marketing tersebut? Seperti yang disinggung di awal, affiliate marketing merupakan sistem bisnis yang akan membayar jasa seseorang ketika ia berhasil menjual produk atau jasa melalui pemasaran online.

Baca juga : Aplikasi POS Terbaik untuk Restoran dan Kafe

Dalam hal ini, posisi Anda adalah sebagai seorang yang memasarkan produk atau jasa tersebut. Tentu saja, Anda tidak perlu memiliki produk yang dipasarkan terlebih dahulu. Oleh karenanya, ide bisnis ini seringkali masuk dalam ide bisnis tanpa modal.

Sedangkan keuntungan akan didapatkan dari komisi yang didapatkan dari transaksi yang terjadi. Semakin banyak transaksi yang berhasil, komisi yang didapatkan pun akan semakin besar.

Cara Kerja Affiliate Marketing

Sebelum Anda menjalankan ide bisnis ini, tentu Anda perlu tahu bagaimana cara kerja affiliate marketing ini. Nah, untuk bisa menjalankan affiliate marketing dengan maksimal, maka Anda perlu mendaftarkan diri ke perusahaan web afiliasi dan Anda akan mendapatkan tautan atau link dari produk tersebut.

Tugas Anda setelah mendapatkan tautan tersebut adalah mempromosikan tautan melalui beragam platform yang berbeda, seperti website, blog, media sosial dan beragam lainnya. Nah, jika seseorang membeli produk menggunakan tautan yang Anda share, maka Anda akan mendapatkan komisi.

Besaran komisi yang didapatkan secara umum cukup bervariasi. Pasalnya, hal tersebut tergantung dari produk yang dipasarkan serta persentase yang disepakati.

Baca juga : Pasarind, Aplikasi Kasir Indonesia Mulai dari 75K dengan Segudang Fitur

Kelebihan dan Kekurangan Affiliate Marketing

Ide bisnis online affiliate marketing sebenarnya hanya salah satu pilihan dari beragam ide bisnis online lainnya. Oleh karenanya, baik kelebihan dan kekurangan ide bisnis ini perlu diketahui sebagai pertimbangan sebelum menjalankannya.

Ada beberapa kelebihan dari affiliate marketing. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

  •         Modal yang diperlukan cenderung minim bahkan bisa dijalankan tanpa modal
  •         Cukup mudah untuk dijalankan, bahkan untuk pemula sekalipun
  •         Bisnis yang bisa dijalankan secara fleksibel
  •         Ada kesempatan mendapatkan penghasilan dengan cukup besar
  •         Bisnis bisa dengan mudah dijalankan kapan saja dan di mana saja
  •         Banyak produk yang bisa Anda tawarkan untuk mendapatkan komisi yang lebih besar

Hanya saja, selain beberapa kelebihan di atas, affiliate marketing memiliki beberapa kekurangan. Adapun kekurangan yang dimaksud adalah:

  •         Sumber penghasilan adalah komisi dari perusahaan sehingga jumlah penghasilan tidak tetap
  •         Memerlukan kerja keras dan kesabaran agar bisa sukses
  •         Harus siap bersaing dengan affiliate marketer lainnya

Jika disimak, affiliate marketing merupakan ide bisnis online yang menarik untuk dijalankan. Terlebih, jika Anda memiliki support system yang tepat untuk menunjang bisnis tersebut.

Nah, untuk menunjang bisnis affiliate marketing yang Anda jalankan, Anda bisa menggunakan layanan pasarind.id.

Pasalnya, aplikasi kasir yang satu ini memiliki beragam fitur yang cocok untuk mengembangkan bisnis yang Anda kelola. Misalnya saja, ada fitur social payment untuk kemudahan transaksi serta fitur kelola pelanggan untuk promos yang lebih efektif. Segera dapatkan aplikasi ini dan kembangkan bisnis Anda ke arah yang lebih baik!

Muhammad Doni Darmawan
Doni is a digital content writer at Pasarind. He keeps on pursuing opportunities to engage with more people through articles and SEO.

Komentar

Siap Memulai Bisnis
Anda Secara Lebih
Mudah?

Set up dalam hitungan menit, mulai berjualan dalam hitungan detik.

Coba Sekarang!

Tidak Ada Lagi Integrasi Rumit

Mulai sekarang juga untuk bisnis yang lebih berkembang dan pasti jauh lebih mudah dengan Pasarind