Cara Membuat Instagram Shopping Lengkap

By Muhammad Doni Darmawan, 10/05/2022 - 01:05

Pebisnis harus benar-benar menyadari bahwa go online membutuhkan berbagai macam platform yang mendukung bisnisnya. Tak hanya melalui marketplace saja, Anda juga bisa memanfaatkan media sosial seperti Instagram. Pasalnya, kini Instagram memiliki fitur untuk usaha yang bernama Instagram Shopping.

Dengan menggunakan Instagram Shopping, Anda akan lebih mudah menjangkau pengguna Instagram. Selain itu, Instagram Shopping bisa dihubungkan dengan website maupun marketplace.

Ingin tahu bagaimana cara membuat Instagram Shopping? Yuk, bahas selengkapnya di bawah ini!

Mengenal Instagram Shopping

Seperti yang telah dibahas sebelumnya bahwa Instagram Shopping merupakan fitur di Instagram yang memungkinkan pebisnis untuk menjual produknya. Di sini, pebisnis bisa menjual barang dengan memberi detail lainnya pada nama produk ataupun tag harga.

Baca juga : Pasarind, Ini Dia Biaya Langganannya, Murah Banget!

Tampilan di dalamnya bisa membuat pelanggan lebih mudah memperoleh detail produk tanpa harus bertanya terlebih dahulu. Label produk pada fitur ini akan mengarahkan pengguna pada deskripsi produk mulai dari nama, harga, dan juga link ke situs atau marketplace.

Instagram Shopping bisa menjadi cara promosi baru di mana Anda bisa memajang produk pada etalase online. Anda juga bisa lebih dekat dengan calon konsumen. Selanjutnya, Instagram dilengkapi dengan berbagai fitur seperti DM serta IG Story yang memungkinkan interaksi langsung dengan followers. Fitur tersebut juga bisa meningkatkan brand awareness terkait produk yang Anda jual.

Syarat Membuat Instagram Shopping

Untuk membuat Instagram Shopping, tentunya Anda harus memenuhi beberapa persyaratan, di antaranya :

  1.   Akun Instagram Anda terdaftar sebagai akun bisnis.
  2.   Produk berupa produk fisik, jadi untuk Anda yang menawarkan jasa, belum bisa menggunakan fitur Instagram yang satu ini.
  3.   Terhubung dengan facebook page bisnis.
  4.   Memenuhi standar kebijakan perdagangan yang ditetapkan Instagram maupun Facebook.
  5.   Terhubung dengan katalog produk yang ada pada Facebook.
  6.   Mempunyai website.

Cara Membuat dan Mengaktifkan Instagram Shopping

Jika Anda sudah memenuhi persyaratan di atas, maka bisa mulai membuat Instagram Shopping. Caranya adalah sebagai berikut :

  1.   Pertama, buka terlebih dahulu profil Instagram bisnis.
  2.   Kemudian, pilih “setting” di akun tersebut.
  3.   Tap “business” dan klik “sign up for shopping”.
  4.   Lalu, pilih “accept term”.

Setelah itu, pihak Instagram akan melakukan peninjauan dalam beberapa hari. Jika sudah selesai, maka akun akan terverifikasi. Selanjutnya, akun sudah diverifikasi, maka Anda bisa langsung menandai produk yang dijual. Caranya sebagai berikut:

  1.   Masuk akun Instagram bisnis dan pilihlah “setting”.
  2.   Jika sudah, pilih menu “shopping” dan selanjutnya “catalog”.
  3.   Setelah itu, upload foto barang dan pilih “tag product”, Maksimal produk yang dapat ditandai untuk setiap kali posting konten yakni 5 produk.
  4.   Untuk memberi tag di konten lama, silakan pilih “edit” di konten tersebut dan klik “tag product”.

Ternyata, membuat Instagram Shopping tidak terlalu sulit, kan? Jangan lupa untuk menunjang penjualan produk Anda, gunakan Pasarind sebagai aplikasi POS yang terpercaya dan berkualitas.

Baca juga : Pasarind: Cari Tahu Fitur-Fitur dan Kelebihannya!

Ada banyak keunggulan dari Pasarind seperti lebih mudah memantau penjualan dari mana saja, mendapatkan laporan keuangan otomatis yang tidak menyita waktu. Anda juga bisa lebih mudah mengelola stok karena mengecek ketersediaan barang dilakukan oleh aplikasi.

Pasarind siap membantu semua jenis usaha, mulai dari F&B, retail, handphone dan tablet, book & stationery, elektronik, hingga pet shop. Jadi, apapun bisnis Anda, permudah pengelolaannya dengan aplikasi kasir online Pasarind.

Yuk, segera download Pasarind atau coba terlebih dahulu free trial kasir online ini di home page website pasarind.id.

Muhammad Doni Darmawan
Doni is a digital content writer at Pasarind. He keeps on pursuing opportunities to engage with more people through articles and SEO.

Komentar

Siap Memulai Bisnis
Anda Secara Lebih
Mudah?

Set up dalam hitungan menit, mulai berjualan dalam hitungan detik.

Coba Sekarang!

Tidak Ada Lagi Integrasi Rumit

Mulai sekarang juga untuk bisnis yang lebih berkembang dan pasti jauh lebih mudah dengan Pasarind