Mengenal Apa Itu Supplier, Ini Bedanya dengan Distributor

By Muhammad Doni Darmawan, 28/04/2022 - 17:04

Di dunia bisnis, tentu Anda kerap mendengar kata supplier. Meskipun kerap kali disebutkan, masih banyak juga yang belum paham betul apa itu supplier. Seringkali orang salah mengartikan arti dari supplier, terutama bagi para pemula yang baru mengenal bisnis online dan digital marketing.

Terutama bagi Anda yang memiliki minat untuk mencari peluang bisnis online. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini kami telah merangkum artikel tentang pengertian supplier, jenis supplier dan perbedaannya dengan distributor. Sehingga, nantinya, pengetahuan Anda lebih jelas dan tidak terjadi misunderstanding.

Apa itu Supplier?

Supplier atau pemasok adalah orang yang menyediakan bahan baku utama untuk diproduksi menjadi produk/barang jadi atau setengah jadi lalu dipasarkan. Supplier juga diartikan sebagai orang dengan tugas menyediakan bahan baku, yang kemudian diolah menjadi suatu barang atau produk.

Baca juga : Pasarind, Ini Dia Biaya Langganannya, Murah Banget!

Dalam praktiknya, supplier memiliki beberapa karakteristik khusus antara lain sebagai berikut:

  •         Supplier bisa menjual bahan mentah atau bahan yang belum jadi yang masih mentah, misalnya hasil tambang, logam, dan lain-lain. Atau ada juga barang setengah jadi, misalnya berupa kertas, kain, dan lain-lain.
  •         Supplier atau pemasok adalah orang atau pihak yang menyediakan bahan baku untuk diolah atau diproduksi menjadi suatu produk atau barang.

Jenis-Jenis Supplier

Setelah Anda belajar memahami apa itu supplier dan contohnya, selanjutnya akan dibahas tentang apa saja jenis supplier itu. Secara umum, ada 2 jenis supplier yaitu pemasok yang menjual bahan mentah untuk diolah menjadi produk, dan  pemasok yang menjual bahan mentah untuk keperluan jasa.

Berikut adalah perbedaan antara kedua jenis pemasok dalam istilah supplier:

1.   Supplier Barang

Supplier barang adalah perusahaan yang menyediakan bahan baku berupa sebuah barang. Nantinya, bahan baku tersebut akan diberikan kepada pihak industri yang membutuhkan. Jadi supplier barang ini memiliki tanggung jawab memenuhi kebutuhan bahan baku industri, untuk membuat suatu produk.

Jika supplier atau pemasok tidak menyediakan bahan baku untuk suatu industri, maka pembuatan suatu produk di pabrik akan berhenti untuk sementara waktu sampai bahan baku tersedia kembali. Akibatnya, produk yang dihasilkan sulit ditemukan di pasaran dan jika ada harganya bisa melambung tinggi.

2.   Supplier Jasa

Penyedia jasa adalah sekelompok orang atau pihak yang tugasnya menyediakan bahan baku guna menghasilkan suatu produk akhir berupa jasa. Misalnya, para pencari pembantu rumah tangga di wilayah desa, mereka dapat dikatakan sebagai pemasok jasa.

Sebelumnya mereka harus mendapatkan bimbingan terlebih dahulu sebelum bekerja, kemudian baru ditawarkan kepada konsumen yang membutuhkan pembantu di rumah.

Perbedaan antara Supplier dan Distributor

Ada yang menganggap supplier dan distributor itu sama. Padahal keduanya memiliki perbedaan meskipun sama-sama menjual barang. Berikut perbedaan keduanya:

1.   Supplier

Supplier adalah perusahaan yang menjual bahan mentah untuk diolah atau diolah menjadi barang jadi. Pabrik akan menggunakan bahan baku tersebut untuk digunakan sebagai bagian dari proses produksi suatu barang.

2.   Distributor

Distributor berperan sebagai tangan pertama yang membeli produk jadi langsung dari produsen yang kemudian akan menjual produk tersebut ke perantara berikutnya sebelum diterima oleh toko retail.

Baca juga  : Perbedaan Aplikasi Kasir Online dengan Mesin Kasir

Pada dasarnya distributor ini adalah badan usaha atau perusahaan dan bagi distributor juga akan mempunyai kontrak atau hak eksklusif dengan produsen.

Distributor akan mendapatkan keuntungan dari selisih harga dari produsen/pabrik dengan harga jual grosir. Selain itu, distributor juga sering mendapatkan keuntungan lain dari produsen berupa bonus atau diskon tambahan ketika mencapai target tertentu.

Demikian pembahasan mengenai pengertian supplier dan perbedaannya dengan distributor, semoga artikel ini bermanfaat.

Nah, jika Anda merupakan pebisnis yang berkecimpung sebagai supplier, tentu akan lebih mudah menggunakan platform yang bisa membantu dalam hal mengecek ketersediaan stok, hingga memantau arus transaksi. Maka dari itu, Pasarind hadir untuk memberikan solusi sebagai aplikasi kasir online dengan segudang fitur.

 

Muhammad Doni Darmawan
Doni is a digital content writer at Pasarind. He keeps on pursuing opportunities to engage with more people through articles and SEO.

Komentar

Siap Memulai Bisnis
Anda Secara Lebih
Mudah?

Set up dalam hitungan menit, mulai berjualan dalam hitungan detik.

Coba Sekarang!

Tidak Ada Lagi Integrasi Rumit

Mulai sekarang juga untuk bisnis yang lebih berkembang dan pasti jauh lebih mudah dengan Pasarind