Ternyata, Ada Biaya Tersembunyi yang Wajib Anda Tahu Ketika Buka Bisnis

By Muhammad Doni Darmawan, 21/07/2022 - 15:07

Ketika membangun bisnis tentu membutuhkan biaya yang besar. Biaya yang besar itu dibutuhkan karena banyak jenis pengeluaran untuk membuka bisnis baru. Pastinya pengeluaran itu harus terinci dan tercatat rapi supaya bisa mengestimasi besarnya biaya yang perlu dikeluarkan. Akan tetapi, terdapat sejumlah biaya tersembunyi untuk memulai suatu bisnis. Berikut ini adalah ulasan lengkapnya!

1. Biaya Fasilitas Karyawan

Pada umumnya pebisnis baru cuma memperhitungkan biaya gaji karyawan. Tetapi, hal yang sering dilupakan ialah karyawan tidak cuma butuh gaji. Karyawan pun harus mendapatkan fasilitas supaya kinerjanya bagus. Fasilitas yang bisa karyawan dapatkan mulai dari kompensasi, bonus, sampai lembur. Fasilitas itu tidak bisa disingkirkan begitu saja terlebih dihilangkan. Selain itu, fasilitas tambahan itu bisa menambah minat terhadap calon karyawan untuk mengirim lamaran pekerjaan menjadi karyawan. Bagi karyawan itu sendiri, fasilitas bisa mendorong meningkatkan motivasi kerja.

Baca juga : Cari Tahu Apa Saja Job Desk Admin Online Shop

2. Anggaran Penyusutan

Biaya atau penyusutan berhubungan dengan bisnis yang yang menjual produk fisik. Produk yang tidak laku dan lama berada di gudang pastinya akan menurun kualitasnya, baik dari fungsi ataupun dari bentuk fisik produk itu sendiri. Untuk bisnis penyedia jasa lainnya anggaran penyusutan ini pun dapat jadi hal yang wajib diperhitungkan. Contohnya, seseorang yang bisnis ojek online. Motor atau mobil yang ia kendarai tentu tidak akan dalam keadaan prima selamanya. Tentunya perlu biaya guna memperbaiki mobil atau motor di bengkel, seperti  misalnya  membutuhkan biaya untuk mengganti aki.

3. Biaya Asuransi

Ketika pertama kali membangun bisnis, bisa sana asuransi tidak sangat diperlukan. Tetapi, seiring berkembangnya bisnis asuransi akan sangat dibutuhkan. Jenis asuransi itu seperti asuransi kewajiban, kesalahan dan kelalaian, kompensasi pekerja, properti, sampai asuransi siber. Jumlah asuransi yang diperlukan oleh sebuah bisnis disesuaikan oleh beberapa faktor. Faktor itu masuk dalam jenis bisnis, ukuran, lokasi, masalah yang kerap terjadi dalam bisnis, besar pendapatan, faktor resiko sekarang ini, sampai jumlah karyawan yang ada.

4. Anggaran Pajak

Pajak menjadi salah satu hal yang kerap dilupakan oleh para pebisnis saat membangun usaha. Pajak adalah biaya yang wajib dibayarkan, apalagi bagi bisnis berskala besar. Biaya pun wajib diperhitungkan. Meskipun jumlahnya tidak terlalu besar, tetapi pajak adalah biaya rutin yang wajib dikeluarkan dalam setiap periode. Melihat pengalaman sebagai seorang karyawan. Bisa saja  pajak tidak akan terasa, tetapi pada dasarnya  biaya pajak telah dipotong dari gaji. Dampaknya, gaji yang diterima berkurang karena potongan pajak. Hal ini sama seperti kondisi pemilik bisnis. Biaya pajak, meskipun jarang diperhitungkan, tetap akan mengurangi pendapatan suatu bisnis itu sendiri.

Baca juga : 7 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Mulai Bisnis

5. Biaya Administrasi

Biaya administrasi adalah biaya yang penting ketika membangun bisnis. Anggaran administrasi diperlukan guna menjalankan aktivitas sehari-hari dari bisnis yang dijalankan. Umumnya, biaya administrasi termasuk biaya barang yang dipakai harian untuk bisnis. Biaya administrasi bisa masuk ke dalam komputer, telepon, printer, lemari arsip, alat tulis, perangkat lunak, alat-alat kebersihan, dan lain-lain. Meskipun terkesan sederhana, biaya ini pun menghabiskan banyak uang. Khususnya karena biaya administrasi pasti dibayarkan secara periodik supaya bisnis berjalan lancar.

Nah, demikianlah 5 biaya tersembunyi yang wajib Anda ketahui ketika memulai dan menjalankan sebuah bisnis. Anda bisa mengurangi pos pengeluaran dari bisnis Anda dengan menggunakan aplikasi kasir Pasarind. Pasalnya, Pasarind bisa menyediakan berbagai macam fitur hanya dalam satu aplikasi saja.

Sehingga, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk berbagai alat seperti mesin kasir karena bisa dioperasikan menggunakan gadget berbasis Android. Dengan fitur lengkap dan dukungan layanan 24/7 dapat memudahkan transaksi pelanggan Anda. Ayo, tunggu apa lagi? Bangun bisnis semakin baik dengan Pasarind!

Muhammad Doni Darmawan
Doni is a digital content writer at Pasarind. He keeps on pursuing opportunities to engage with more people through articles and SEO.

Komentar

Siap Memulai Bisnis
Anda Secara Lebih
Mudah?

Set up dalam hitungan menit, mulai berjualan dalam hitungan detik.

Coba Sekarang!

Tidak Ada Lagi Integrasi Rumit

Mulai sekarang juga untuk bisnis yang lebih berkembang dan pasti jauh lebih mudah dengan Pasarind