Cek 7 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Mulai Bisnis

By Muhammad Doni Darmawan, 23/05/2022 - 23:05

Bisnis merupakan suatu hal yang saat ini mulai banyak kembali digandrungi oleh orang-orang. Di tengah maraknya sistem kerja yang fleksibel seperti WFH (Work From Home), bisnis menjadi alternatif jalan yang banyak dipilih. Namun dalam memulai bisnis, ada beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan.

Hal tersebut dikarenakan bahwa bisnis bukanlah suatu hal instan yang keuntungannya bisa dengan cepat Anda peroleh. Anda membutuhkan waktu dan pengalaman yang baik dalam mengelola bisnis. Dalam hal ini, tahapan persiapan sangatlah penting. Nah, mari simak ada hal-hal penting apa saja yang perlu diperhatikan sejak tahap persiapan dalam memulai bisnis!

1 Buatlah perencanaan bisnis (business plan) yang matang

Hal paling utama yang harus menjadi fokus perhatian adalah business plan. Tanpa adanya business plan, bisnis yang Anda jalankan seolah tidak memiliki arah dan tujuan yang pasti. Oleh karena itu, Anda dapat terlebih dahulu mematangkan perencanaan bisnis secara baik.

Baca juga : Cara Daftar UMKM Online dengan Mudah Pasti Berhasil

Nah, dalam business plan ini Anda bisa mulai memikirkan apa tujuan usaha, siapa target pasar, bagaimana saluran dan strategi pemasaran yang akan dijalankan, seperti apa proyeksi finansial usaha, dan lain-lain.

Belajar dari perusahaan besar seperti Netflix, ketika di tahun 1998 Netflix tidak begitu populer. Namun setelah ia membuat rancangan business plan yang matang maka saat ini Netflix sangat populer dan memiliki pasar yang luas!

2 Lakukan Analisis Riset SWOT

Setelah membuat business plan secara matang, selanjutnya Anda perlu melakukan riset SWOT Analysis. Adapun yang termasuk ke dalam SWOT adalah Strength (kekuatan usaha), Weakness (kelemahan usaha), Opportunity (peluang usaha), dan Threat (hambatan/ancaman).

Dengan melakukan analisis SWOT, Anda akan lebih memahami bagaimana keunggulan usaha Anda dan bagaimana kondisi pasar serta kompetitor. Ini merupakan suatu hal fundamental dalam membangun bisnis.

3 Tentukan Produk/Jasa, Modal dan Pahami Break Even Point

Setelah itu, barulah Anda dapat menentukan produk/jasa apa yang akan Anda jual/tawarkan. Tentunya, sesuaikan pula dengan rantai pasokan dan kesiapan modal. Dalam hal ini Anda perlu memperhitungkan secara matang bagaimana kondisi finansial bisnis yang sanggup Anda jalankan. Hal ini akan lebih mudah Anda lakukan dengan mempertimbangkan Break Even Point (BEP).

4 Bangun Branding Produk yang Anda Jual

Hal berikutnya yang tidak boleh Anda lewatkan adalah untuk membangun branding produk layanan jasa atau barang yang Anda jual. Melakukan branding ibarat menyuguhkan citra terbaik dari produk. Strategi branding beririsan langsung dengan strategi pemasaran.

Dalam hal ini, misalnya Anda ingin menjual produk yang sasarannya anak muda maka Anda bisa membuat branding produk yang kekinian! Begitu pula saat Anda menjual produk jamu untuk orang tua, maka Anda bisa membentuk citra produk yang authentic!

5 Perhatikan Legalitas Produk

Berikutnya, jangan lupa untuk memperhatikan legalitas produk yang Anda tawarkan. Jika produk Anda adalah baru, maka Anda dapat pula mendaftarkan izin komersialnya melalui OSS (Online Single Submission) resmi dari pemerintah.

6 Manfaatkan Platform Digital

Setelah Anda memastikan bahwa produk telah legal dan mendapat izin komersial, maka Anda dapat lebih memperluas pasar bisnis Anda. Di era serba digital seperti saat ini, Anda dapat memanfaatkan saluran e-commerce untuk mempromosikan produk secara lebih masif!

Baca juga : Pasarind, Ini Dia Biaya Langganannya, Murah Banget!

7 Gunakan Arus Kas yang Baik

Hal penting berikutnya setelah bisnis Anda berhasil dimulai adalah untuk memperhatikan arus kas. Tidak dapat dipungkiri, arus kas adalah hal krusial dalam menjalankan suatu bisnis. Meskipun tidak dapat dipungkiri bahwa mengatur arus kas bukanlah hal yang mudah.

Namun Anda tidak perlu khawatir, sebab bukan berarti bahwa mengatur arus kas tidak bisa Anda pelajari. Faktanya, saat ini sudah banyak platform yang bisa membantu Anda mengatur arus kas bisnis seperti contohnya Pasarind.id.

Dengan platform Pasarind.id, arus kas bisnis Anda akan berjalan dengan lebih lancar dan memiliki pencatatan yang jelas. Di samping itu, platform Pasarind.id juga sudah bisa Anda gunakan di Android sehingga lebih mudah untuk digunakan. Yuk, cek layanan terlengkapnya di https://pasarind.id!

Muhammad Doni Darmawan
Doni is a digital content writer at Pasarind. He keeps on pursuing opportunities to engage with more people through articles and SEO.

Komentar

Siap Memulai Bisnis
Anda Secara Lebih
Mudah?

Set up dalam hitungan menit, mulai berjualan dalam hitungan detik.

Coba Sekarang!

Tidak Ada Lagi Integrasi Rumit

Mulai sekarang juga untuk bisnis yang lebih berkembang dan pasti jauh lebih mudah dengan Pasarind