Strategi Branding yang Harus Dilakukan Pengusaha untuk Menaikkan Value Produk

By Muhammad Doni Darmawan, 20/09/2022 - 20:09

Seiring dengan persaingan bisnis yang bertambah ketat dari waktu ke waktu, menaikkan value produk yang dijual adalah suatu keharusan. Pasalnya, dengan value produk yang lebih tinggi, tentu saja tingkat ketertarikan target konsumen pun akan meningkat. Hal inilah yang akan menunjang pengelolaan bisnis untuk memiliki bisnis yang cenderung stabil.

Nah, berbincang tentang menaikkan value produk, branding adalah salah satu strategi penting yang harus dilakukan. Pasalnya, dengan branding yang tepat, maka Anda akan mendapatkan image yang lebih baik di sisi konsumen. Tidak jarang jika banyak pengusaha berusaha keras dan mengeluarkan biaya tak sedikit untuk memaksimalkan branding.

Pada kesempatan ini akan dibahas beberapa hal tentang branding sebagai strategi untuk meningkatkan value produk. Penasaran apa saja strategi yang bisa diterapkan? Simak ulasannya!

Sekilas Tentang Strategi Branding

Apa yang sebenarnya dimaksud dengan strategi branding tersebut?

Dalam pengertian singkat, strategi branding merupakan sebuah cara yang diterapkan untuk membuat rencana peningkatan brand guna memajukan bisnis. Perlu disadari bahwa sebuah strategi branding yang dibangun dengan tepat akan berpengaruh pada bagaimana suatu brand akan dikenal.

Baca juga : Alasan Mengapa Bisnis Anda Harus Dimulai dengan Go Digital

Seperti yang dibahas sebelumnya, branding berbincang tentang image yang akan didapatkan dari konsumen. Oleh karenanya, tujuan utama dari penerapan strategi branding adalah mendapatkan image baik dari konsumen dimana nantinya dengan sendirinya akan turut meningkatkan value produk.

Contoh Strategi Branding yang Bisa Diterapkan Pengusaha

Berbincang tentang strategi branding, tentu ada cukup banyak strategi yang bisa diterapkan guna menciptakan bisnis yang lebih stabil. Adapun beberapa contoh dari strategi branding yang bisa diterapkan oleh pengusaha diantaranya adalah:

1.      Memakai logo bisnis yang sesuai

Salah satu strategi branding yang penting untuk diterapkan adalah pemakaian logo yang tepat. Meskipun terdengar sederhana, namun poin ini tidak boleh disepelekan.

Logo adalah simbol dari usaha atau bisnis yang Anda kelola dan juga merupakan salah satu sumber image dari bisnis tersebut. Oleh karenanya, awali strategi branding Anda dengan membuat logo yang tepat dan menempatkannya di posisi yang tepat pula.

2.      Membuat pesan brand

Pesan branding juga masuk dalam strategi branding yang bisa Anda terapkan. Perlu diketahui bahwa pesan branding akan memberikan dampak yang cukup signifikan pada brand awareness yang berusaha Anda bangun. Tentu, nantinya, secara tidak langsung hal semacam ini akan berdampak pada peningkatan value produk.

Terkait poin ini, buatlah semacam tagline singkat untuk menggambarkan produk yang Anda miliki. Anda bisa melihat berbagai pesan branding dari perusahaan terkenal. Nantinya, ketika target konsumen mendengar tagline tersebut, maka apa yang diingat adalah produk yang Anda miliki.

Baca juga : Pentingnya Beralih ke Aplikasi Kasir Online di Masa Sekarang

3.      Melakukan promosi yang masif

Dalam bisnis, branding dan value produk berhubungan dekat dengan promosi. Oleh karenanya, promosi yang masif masuk dalam strategi branding yang penting untuk dilakukan.

Kenapa promosi harus secara masif dilakukan?

Salah satu alasannya adalah untuk meningkatkan keterlihatan produk. Produk yang semakin terlihat akan meningkatkan impresi dari target konsumen. Dengan demikian, mereka akan meyakini bahwa produk Anda merupakan pilihan terbaik dan value produk pun akan meningkat.

Beberapa hal di atas adalah ragam strategi branding yang bisa Anda coba terapkan. Sebagai tambahan, pelayanan pada konsumen juga termasuk strategi yang tepat untuk meningkatkan branding dan value produk.

Nah, terkait dengan pelayanan konsumen, Anda bisa menggunakan layanan Pasarind.id. Pasalnya, layanan ini akan memudahkan konsumen untuk melakukan pembayaran dengan lebih cepat dan Anda bisa melakukan manajemen produk dengan lebih baik. Dengan demikian, image yang didapatkan pada bisnis Anda pun akan senantiasa baik!

Muhammad Doni Darmawan
Doni is a digital content writer at Pasarind. He keeps on pursuing opportunities to engage with more people through articles and SEO.

Komentar

Siap Memulai Bisnis
Anda Secara Lebih
Mudah?

Set up dalam hitungan menit, mulai berjualan dalam hitungan detik.

Coba Sekarang!

Tidak Ada Lagi Integrasi Rumit

Mulai sekarang juga untuk bisnis yang lebih berkembang dan pasti jauh lebih mudah dengan Pasarind