Mengapa Aplikasi Kasir Indonesia Dibutuhkan untuk Bisnis F&B? Ini Jawabanya!

By Muhammad Doni Darmawan, 17/03/2022 - 12:03

Kemajuan pemanfaatan teknologi digital untuk semua lini usaha, menawarkan segala kemudahan pada setiap aspeknya. Tidak terkecuali untuk bisnis F&B seperti rumah makan sederhana, hingga restoran bintang lima.

Pelaku usaha perlu mencatat segala hal detail terkait transaksi harian mereka. Maka dari itu, peranan aplikasi kasir Indonesia sangat penting sebagai kontrol harian terhadap keberlangsungan bidang ini.

Peran Aplikasi Kasir Indonesia untuk Pengembangan Bisnis F&B

Kasir digital memungkinkan pelaku usaha dapat memantau dengan mudah jalannya usaha. Memang bisnis F&B merupakan salah satu bidang yang rumit. Hal tersebut dikarenakan kompleksitasnya yang luar biasa.

Berbagai macam stok, mulai bumbu dapur, bahan sayuran segar, daging frozen, serta berbagai campuran minuman memerlukan perhatian lebih terhadap pengawasannya. Ditambah lagi untuk pencatatan uang kas masuk dan keluar.

Baca juga : Fitur Wajib yang Harus Ada Dalam Aplikasi Kasir Indonesia

Maka dari itu sangat penting bagi pebisnis F&B untuk mempersiapkan sistem keuangan berbasis digital. Dengan begitu segala bentuk pemantauan terhadap keuangan dan ketersediaan bahan baku, dapat dilakukan lebih mudah.

Salah satu poin penting dalam penyematan sistem aplikasi kasir ialah POS (Point if Sale). Teknologi ini tidak saja hanya berguna bagi bisnis besar, tetapi UMKM pun perlu didorong untuk menggunakannya.

Keunggulan Memakai Aplikasi Kasir

Berikut hal-hal yang dapat dijadikan pertimbangan pelaku usaha F&B untuk memutuskan menggunakan aplikasi digital :

1. Penyelamatan aset usaha

Usaha F&B memang sangat rawan terjadi pencurian. Baik kehilangan stok bahan baku, atau pun jumlah uang di laci kasir. Bahkan sering terjadi ketidaksesuaian antara pembelanjaan terhadap jumlah stok di gudang.

Dengan menggunakan aplikasi kasir, maka hal-hal di atas dapat diminimalisir. Sehingga resiko pencurian dapat dikurangi dengan perhitungan yang lebih akurat dan cermat.

Melalui perincian yang detail terhadap transaksi yang masuk, maka performa usaha pun dapat ditingkatkan. Sehingga diharapkan akan mampu meningkatkan keuntungan hasil usaha.

2. Dapat mendukung pembayaran non tunai

Pembayaran non tunai akhir-akhir ini memang marak dilakukan, terutama bagi kalangan muda. Hal tersebut sangat sesuai dengan program yang tengah digalakkan pemerintah mengenai pengurangan penggunaan uang cash.

Selain praktis tidak perlu membawa uang banyak dalam dompet, metode ini pun dirasa lebih cepat. Pembeli tidak perlu berlama-lama menunggu saat petugas hendak menukar uang kembalian.

Aplikasi kasir yang dijalankan secara digital ini, tentunya sangat mendukung metode pembayaran non tunai. Transaksi dapat dilakukan dengan mudah dan ringkas hanya melalui smartphone.

3. Memberi pelayanan terbaik untuk costumers

Pelanggan yang datang akan sangat antusias dengan teknologi canggih yang digunakan pada sistem aplikasi kasir. Kesan ini mampu meningkatkan kredibilitas usaha di mata para tamu.

Naiknya kepercayaan pelanggan pada bisnis F&B ini tentu berpengaruh signifikan terhadap kemajuan usaha. Mereka akan puas dengan pelayanan yang canggih dan cepat yang didukung aplikasi ini.

Dengan begitu, diharapkan customer akan datang lagi di lain waktu. Bahkan tidak jarang pula jika mereka pasti akan bersedia merekomendasikan tempat Anda kepada rekan-rekannya.

4. Kemudahan operasional harian bisnis

Pada kasir tradisional yang masih menggunakan perhitungan manual, seringkali ditemui kesalahan penghitungan nominal harga. Tidak jarang juga disaksikan petugas kasir harus mengeceknya secara manual hingga 2-3 kali hitung.

Kesalahan hitung dan  lama waktu yang digunakan untuk memvalidasi transaksi, dapat mengecewakan pelanggan. Apalagi bagi mereka yang memang hendak pergi terburu-buru.

Hal ini tentu sangat repot dan menyulitkan bagi operasional harian bisnis. Namun dengan aplikasi kasir, karyawan tidak perlu menghitung berulang kali. Proses pencatatan dapat dipercepat dengan hasil akurat. Artinya, aplikasi kasir memungkinkan user untuk mendapatkan laporan keuangan serta bias menunjukkan arus keluar masuk barang.

Baca juga : Ini Dia 3 Tips Memilih Aplikasi Kasir Indonesia yang Paling Tepat

5. Keamanan terjamin

Tidak perlu khawatir jika jaringan internet tiba-tiba hilang atau susah signal. Pencatatan dengan aplikasi kasir tetap dapat dilakukan tanpa ada kendala yang berarti.

Sistem aplikasi kasir menggunakan teknologi Cloud Server yang memungkinkan penyimpanan sementara pada perangkat. Sehingga data tetap aman meski internet sedang tidak tersedia.

Pasarind merupakan salah satu aplikasi kasir Indonesia yang terbaik saat ini. Sistem ini telah terbukti membantu banyak pengusaha khususnya F&B dalam mengoptimalkan bisnis mereka.

Muhammad Doni Darmawan
Doni is a digital content writer at Pasarind. He keeps on pursuing opportunities to engage with more people through articles and SEO.

Komentar

Siap Memulai Bisnis
Anda Secara Lebih
Mudah?

Set up dalam hitungan menit, mulai berjualan dalam hitungan detik.

Coba Sekarang!

Tidak Ada Lagi Integrasi Rumit

Mulai sekarang juga untuk bisnis yang lebih berkembang dan pasti jauh lebih mudah dengan Pasarind