Aplikasi Kasir Online untuk Bisnis Retail, Simak Kelebihannya!

By Muhammad Doni Darmawan, 14/03/2022 - 22:03

Aplikasi kasir online atau yang juga dikenal dengan POS (point of sales) adalah aplikasi berbasis digital yang digunakan untuk sistem penjualan. Salah satu jenis bisnis yang membutuhkan sistem ini adalah bisnis retail.

Kasir dan mesin kasir menjadi hal yang wajib bagi pemilik bisnis retail. Jika dulu Anda menggunakan mesin konvensional, maka kini pertimbangkan untuk mulai menggunakan aplikasi kasir online.

Karena di dalamnya ada banyak sekali kelebihan yang akan Anda dapatkan. Apa saja kelebihannya? Yuk cari tahu!

Kelebihan Aplikasi Kasir Online

Berikut ini adalah kelebihan aplikasi online sehingga layak untuk dipilih:

Lebih Mudah Untuk Mengelola Barang

Barang yang dijual di toko retail biasanya sangat banyak dan juga beragam. Tentu saja hal tersebut membuat Anda sebagai pemilik bisnis harus ekstra kerja keras dalam pengelolaannya.

Aplikasi berbasis online ini menjadi solusi yang bisa membantu mengelola barang dengan lebih mudah. Anda bisa melihat stok dan transaksi penjualan melalui aplikasi. Fitur tersebut akan semakin berguna jika Anda memiliki banyak toko cabang.

Baca juga : Mengapa Aplikasi Kasir Online Penting? Ini Alasannya!

Layanan Pelanggan yang Lebih Baik

Kepercayaan dari pelanggan tidak hanya didapatkan dari kualitas produk saja. Mereka bisa lebih percaya pada bisnis Anda jika memberikan pelayanan yang baik.

Aplikasi kasir online dapat membantu memberikan pelayanan yang lebih baik. Pasalnya proses pembayaran di kasir bisa lebih cepat. Selain itu, alat pembayaran juga lebih beragam seperti e-wallet, kartu kredit, dan kartu debit.

Laporan Penjualan Lengkap dan Akurat

Aplikasi online merekam penjualan dengan baik. Semua transaksi penjualan bisa masuk ke laporan penjualan aplikasi. Biasanya laporan berupa jumlah produk terjual, keuntungan, produk paling laku, dan lain sebagainya.

Laporan penjualan yang lengkap dan akurat tersebut membuat Anda lebih mudah menentukan strategi bisnis selanjutnya.

Meningkatkan Keamanan

Aplikasi kasir online juga dapat meningkatkan keamanan, terutama data pelanggan. Jika melakukan pembayaran menggunakan kartu kredit, Anda harus mampu menyimpan data pelanggan dengan baik.

Aplikasi berbasis online menggunakan keamanan yang membuat data tidak mudah hilang karena kerusakan sistem ataupun serangan virus komputer. Data tersebut disimpan dalam sebuah sistem yang dinamakan cloud.

Memudahkan Proses Pengembalian Barang

Pernahkan Anda kesulitan karena ada pelanggan yang tiba-tiba membatalkan untuk membeli barang? Padahal barang tersebut sudah dimasukkan ke dalam sistem. Tenang saja, aplikasi satu ini memudahkan proses tersebut. Jika ada yang batal membeli, Anda hanya tinggal melakukan beberapa klik hingga stok kembali seperti seharusnya.

Mudah Melacak Produk

Bisnis retail memiliki banyak produk dari berbagai merek. Karena banyak sekali, Anda akan kesulitan melakukan pelacakan pada produk.

Misalnya ingin melihat produk yang sudah kadaluarsa atau produk yang stoknya habis. Menggunakan aplikasi kasir online akan sangat membantu karena memudahkan dalam melacak produk.

Baca juga : Aplikasi POS Terbaik dan Cara Memilihnya untuk Berbagai Bisnis

Mudah Diintegrasikan

Kelebihan terakhir yang pastinya akan sangat memudahkan Anda adalah mudah untuk diintegrasikan. Anda bisa menghubungkan aplikasi dengan teknologi lain. Salah satu mesin yang sering dihubungkan dengan aplikasi kasir berbasis online adalah barcode scanner.

Selain itu, karena sistem yang terintegrasi, Anda bisa membuka aplikasi dari mana saja meskipun sedang tidak berada di toko.

Itulah berbagai kelebihan aplikasi kasir berbasis online yang perlu Anda ketahui. Jika mencari aplikasi terbaik, Anda bisa memilih Pasarind. Aplikasi ini berbasis Android sehingga bisa digunakan melalui tablet ataupun smartphone.

Banyak fitur yang bisa Anda manfaatkan seperti menambahkan diskon, memberikan poin kepada pelanggan setia, pengelolaan barang, hingga pembayaran cashless yang beragam.

Sebelum menggunakan aplikasi kasir online ini, Anda bisa melakukan demo terlebih dahulu. Silakan mengajukan request demo di website resmi Pasarind.

Muhammad Doni Darmawan
Doni is a digital content writer at Pasarind. He keeps on pursuing opportunities to engage with more people through articles and SEO.

Komentar

Siap Memulai Bisnis
Anda Secara Lebih
Mudah?

Set up dalam hitungan menit, mulai berjualan dalam hitungan detik.

Coba Sekarang!

Tidak Ada Lagi Integrasi Rumit

Mulai sekarang juga untuk bisnis yang lebih berkembang dan pasti jauh lebih mudah dengan Pasarind