Fitur Wajib yang Harus Ada Dalam Aplikasi Kasir Indonesia

By Muhammad Doni Darmawan, 17/02/2022 - 02:02

Di era digital seperti saat ini, untuk para pebisnis dan pelaku usaha penting untuk selalu ‘melek teknologi’ dan memanfaatkannya untuk pengembangan usaha. Salah satu produk teknologi yang bisa Anda terapkan dalam usaha Anda adalah dengan menggunakan aplikasi kasir Indonesia.

Saat ini, berbagai bisnis di Indonesia sudah mulai menggunakan aplikasi kasir online yang berbasis pada Point on Sale (POS). Aplikasi tersebut bisa membantu Anda untuk mempermudah proses transaksi pembayaran dengan para customer, melakukan pengelolaan data, sampai pada pelacakan riwayat keuangan.

Tentunya fungsi aplikasi tersebut bergantung pada kualitas aplikasi yang Anda pilih. Serta, harus disesuaikan juga dengan kebutuhan bisnis Anda. Namun di samping itu, ada fitur yang wajib ada pada seluruh aplikasi kasir Indonesia terlepas apa jenis bidang usaha atau bisnis yang dijalankan. Yuk, langsung simak saja ulasan artikel ini untuk mengetahui fitur wajib yang harus ada dalam aplikasi kasir Indonesia!

Fitur Metode Pembayaran dan Data Pelanggan

Metode pembayaran semakin lama semakin kompleks, ini juga merupakan salah satu dampak dari perkembangan teknologi. Dengan semakin beragamnya metode pembayaran yang digunakan, Anda juga perlu untuk memiliki aplikasi kasir yang mampu meng-cover berbagai macam metode pembayaran yang ada. Mulai dari pembayaran tunai sampai pembayaran yang bersifat cashless.

Masih dalam hal yang berkaitan dengan pelanggan, selain aplikasi kasir harus mampu memiliki fitur untuk pemilihan metode pembayaran pelanggan, fitur data pelanggan juga penting untuk dimiliki.

Dengan adanya fitur data pelanggan, Anda bisa mengetahui berapa jumlah pelanggan yang masuk setiap harinya dan bila diperlukan Anda dapat menyimpan kontak pelanggan untuk mnegirimkan newsletter terkait promosi produk dan lain sebagainya.

Fitur Laporan Hasil Penjualan

Fitur berikutnya yang wajib untuk ada pada setiap aplikasi kasir Indonesia adalah fitur laporan hasil penjualan. Ini adalah fitur yang sangat krusial karena dengan fitur ini, para pebisnis dan pelaku usaha bisa mengetahui seperti apa capaian target usaha yang mereka jalankan.

Di samping itu, hal ini juga dapat membantu Anda mempermudah proses penyusunan sistem pembukuan yang biasanya dilakukan secara konvensional. Sistem pelaporan dengan menggunaan POS juga dapat digunakan sebagai bahan evaluasi dari usaha Anda

Fitur Pelacak Inventaris Barang

Fitur berikutnya yang tidak kalah penting adalah fitur untuk melacak inventaris barang. Fitur ini bekerja dengan membaca data stok produk sehingga Anda bisa terus mendapatkan update terkait ketersediaan produk yang Anda jual.

Fitur ini bisa menghindari Anda dari kekosongan produk yang menghambat aktivitas transaksi oleh customer di toko atau usaha Anda. Dengan adanya fitur pelacak inventaris, Anda jadi bisa mengantisipasi produk mana yang harus segera di-restock. Selain itu, Anda juga jadi bisa mengetahui produk mana yang paling cepat laku.

Nah, itu dia beberapa fitur wajib yang harus dimiliki oleh setiap aplikasi kasir Indonesia. Jika Anda ingin memiliki aplikasi kasir dengan kelengkapan fitur seperti di atas, Anda bisa menggunakan Pasarind. Dengan Pasarind, Anda bisa menyediakan berbagai metode pembayaran untuk customer dan mendapatkan data penjualan dengan lebih terorganisir.

Pasarind juga sangat fleksibel karena bisa digunakan dengan melalui berbagai perangkat seperti smartphone, tablet, maupun buetooth printer saat ingin mencetak struk. Di samping itu, untuk Anda yang merasa terdapat permasalahan terkait penggunaan aplikasi ini, tidak perlu bingung menghubungi siapa, sebab telah ada nomor customer service di 021 - 2789 9978 atau e-mail ke caren@bayarind.id.

Muhammad Doni Darmawan
Doni is a digital content writer at Pasarind. He keeps on pursuing opportunities to engage with more people through articles and SEO.

Komentar

Siap Memulai Bisnis
Anda Secara Lebih
Mudah?

Set up dalam hitungan menit, mulai berjualan dalam hitungan detik.

Coba Sekarang!

Tidak Ada Lagi Integrasi Rumit

Mulai sekarang juga untuk bisnis yang lebih berkembang dan pasti jauh lebih mudah dengan Pasarind