Memiliki Kendala Manajemen Keuangan Bisnis? Sebaiknya Lakukan Hal ini!

By Muhammad Doni Darmawan, 02/06/2022 - 21:06

Dalam menjalankan suatu bisnis, manajemen keuangan merupakan suatu hal yang penting. Manajemen keuangan bisnis yang baik bisa membantu usaha Anda untuk berkembang lebih cepat. Sebaliknya, manajemen keuangan bisnis yang kurang baik bisa membuat usaha Anda dihadapkan pada berbagai macam masalah.

Memiliki kendala dalam manajemen keuangan bisnis adalah hal yang lumrah didapati oleh para pelaku usaha. Oleh sebab itu, Anda perlu untuk mengetahui bagaimana sebenarnya cara mengatasi kendala dalam manajemen keuangan bisnis Anda! Silakan simak beberapa poin di bawah ini, ya.

#1 Membuat Rekening Khusus Bisnis

Hal paling utama yang bisa Anda lakukan untuk menghindari atau mengatasi kendala manajemen keuangan bisnis adalah dengan membuat rekening khusus untuk bisnis Anda.

Jika Anda memiliki rekening khusus bisnis, maka seluruh perhitungan biaya termasuk biaya pengeluaran rutin dan biaya yang tak terduga bisa dilacak dengan mudah. Selain itu, dengan cara ini pula Anda jadi bisa memisahkan rekening usaha dengan rekening pribadi.

Pemisahan ini menjadi sangat penting, mengingat bahwa jika tidak dipisahkan maka boleh jadi arus keluar masuk biaya menjadi sangat rumit karena tercampur dengan pos lain. Kemudian, pemisahan rekening ini membuat bisnis Anda terkesan lebih profesional dan kredibel.

#2 Kumpulkan Nota dan Dokumen secara Lengkap

Cara mengatasi kendala manajemen keuangan bisnis berikutnya adalah dari segi nota dan dokumentasi usaha. Jika Anda terlanjur belum memiliki rekening khusus bisnis, maka untuk melacak arus keluar masuk dana ke dalam bisnis Anda bisa dilakukan lewat nota penjualan, nota pembelian atau dokumen keuangan lainnya.

Dengan demikian, manajemen keuangan bisnis Anda akan lebih rapi dan tercatat. Di samping itu, kelengkapan nota dan dokumen penjualan juga bisa membuat bisnis Anda lebih profesional. Sehingga ketika Anda ingin melakukan kemitraan dengan bisnis lain, maka usaha Anda akan lebih dilirik.

#3 Berinovasi dalam Manajemen Keuangan

Ketika bisnis Anda dihadapkan pada berbagai kendala dalam manajemen keuangan yang selalu terjadi berulang kali, maka Anda perlu meninjau secara lebih teliti. Periksalah arus kas, pembelian dan penjualan, serta perhitungan produk/jasa yang ditawarkan. Apabila memang ternyata terdapat hal yang kurang sesuai, maka Anda bisa berinovasi.

Inovasi dalam manajemen keuangan bisnis dewasa ini erat kaitannya dengan penggunaan perangkat digital. Anda dapat mencari tahu bagaimana teknik pengelolaan keuangan bisnis melalui buku, seminar, webinar, atau informasi di media sosial yang memang sudah terpercaya.

#4 Upgrade Sistem Pencatatan Laporan Keuangan

Tidak dapat dipungkiri, semakin besar bisnis Anda maka akan semakin kompleks dan rumit pula pencatatan laporan keuangan yang dimiliki. Dalam hal ini, arus kas, data penjualan, data pembelian, dan pengeluaran untuk pembiayaan lain-lain perlu dicatat secara rinci agar tidak ada yang terlewat.

Sebab, jika terdapat laporan keuangan yang terlewat atau tidak lengkap maka bisa memicu kendala yang lebih rumit lagi. Tentunya, untuk memanajemen keseluruhan laporan keuangan tersebut akan terasa berat jika dilakukan secara manual. Untungnya, dengan kehadiran internet dan platform digital segala proses pencatatan bisa dilakukan dengan lebih mudah dan efisien.

Jika Anda mulai merasa kewalahan untuk membuat laporan keuangan bisnis, maka Anda mungkin membutuhkan platform yang bisa membantu dalam proses pencatatan tersebut. Ini artinya, Anda perlu untuk upgrade sistem laporan keuangan dan arus kas dengan Pasarind.id.

Di dalam Pasarind.id telah tersedia aplikasi kasir online yang dilengkapi dengan berbagai fitur untuk mempermudah pengelolaan bisnis Anda. Di samping itu, proses penyimpanan data penjualan juga dapat terekam dengan baik sehingga memudahkan dokumentasi laporan. Yuk, coba demo gratis di sini!

Muhammad Doni Darmawan
Doni is a digital content writer at Pasarind. He keeps on pursuing opportunities to engage with more people through articles and SEO.

Komentar

Siap Memulai Bisnis
Anda Secara Lebih
Mudah?

Set up dalam hitungan menit, mulai berjualan dalam hitungan detik.

Coba Sekarang!

Tidak Ada Lagi Integrasi Rumit

Mulai sekarang juga untuk bisnis yang lebih berkembang dan pasti jauh lebih mudah dengan Pasarind