Agar Bisnis Kuliner Bisa Sukses, Lakukan Hal Ini!

By Muhammad Doni Darmawan, 16/06/2022 - 00:06

Salah satu bidang bisnis yang tidak akan pernah surut pelanggannya adalah bisnis kuliner. Oleh karena itu, bisnis kuliner banyak dipilih oleh para pengusaha pemula maupun senior. Namun karena hal tersebut pula, bisnis kuliner menjadi banyak pesaing dan kesuksesannya pun menjadi semakin ketat.

Nah, sebagai seorang pengusaha di bidang bisnis kuliner, Anda perlu tahu apa saja kiat untuk membangun bisnis kuliner yang sukses. Tidak seperti membalikan telapak tangan, membangun bisnis kuliner memerlukan persiapan dan strategi yang matang. Silakan simak tips yang bisa dilakukan agar bisnis kuliner bisa sukses berikut ini!

#1 Menentukan Apa Menu Andalan

Tips pertama yang bisa Anda lakukan untuk menyukseskan bisnis kuliner yang dijalani adalah dengan memilih apa menu andalan yang akan Anda jual. Menu andalan ini sangat penting karena akan menjadi ciri khas dan alasan mengapa pelanggan akan terus datang membeli produk Anda. Di samping itu, saat bisnis kuliner Anda berkembang besar dan hendak diliput oleh media, menu andalan juga akan menjadi hal utama yang dipamerkan.

Untuk memilih menu andalan caranya tidaklah sulit. Misalnya, jika Anda membuka bisnis kuliner makanan tradisional Indonesia, maka menu andalan Anda bisa jadi adalah menu yang resepnya Anda dapatkan turun menurun dari nenek moyang. Misalnya menu soto betawi yang teknik memasaknya Anda kuasai.

Baca juga : Aplikasi Kasir Online Terbaik di Indonesia : Pasarind

#2 Berinovasi dengan Mengembangkan Kreativitas Menu

Tips berikutnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan berani berinovasi. Tips ini menjadi sangat direkomendasikan untuk Anda lakukan terutama di tengah banyaknya kompetitor produk kuliner yang serupa. Berinovasi dalam produk kuliner bisa dilakukan mulai dari cara yang sederhana. Kuncinya ada pada kreativitas dan ketersediaan supply produk.

Misalnya, jika Anda ingin membuka bisnis kuliner donat namun ternyata sudah banyak yang membuka bisnis ini, maka Anda bisa berinovasi dengan rasa atau tampilannya. Cobalah untuk menambahkan cita rasa baru pada donat Anda. Jika pada umumnya donat hanya memiliki toping cokelat meses atau cokelat krim, maka boleh jadi Anda mencoba donat dengan toping coklat silverqueen yang diremuk-remuk, atau cokelat premium lainnya.

#3 Melakukan Investasi pada Alat Masak

Cara agar bisnis kuliner Anda bisa sukses yang sering terlewatkan adalah dalam hal penyediaan alat masak. Kebanyakan pengusaha hanya fokus pada produk kuliner yang mereka jual saja, namun lupa dengan peralatan masak yang digunakan.

Mengapa pada akhirnya alat masak menjadi penting? Sebab, jika Anda menggunakan alat masak dengan kualitas rendah maka alat tersebut akan cepat rusak dan pada akhirnya boros terhadap biaya yang dikeluarkan. Namun, jika Anda berinvestasi pada alat masak dengan kualitas yang baik, meskipun harganya sedikit mahal namun Anda bisa menggunakannya dalam jangka waktu lama. Anda dapat menyicil satu per satu alat yang berkualitas baik.

Baca juga : Bagaimana Cara Memilih Bisnis Franchise yang Baik

#4 Mempersiapkan Pembiayaan yang  Terencana

Hal berikutnya yang tidak kalah penting untuk Anda lakukan agar bisnis kuliner menjadi sukses adalah mengatur sistem pembiayaan bisnis yang terencana dengan baik. Dalam hal ini, Anda dapat memanfaatkan platform digital yang terintegrasi agar mampu membantu arus kas, sistem pembayaran, dan pencatatan keuangan dengan baik.

Salah satu platform digital yang bisa Anda gunakan adalah Pasarind.id. Platform ini menyediakan aplikasi kasir online yang telah terintegrasi dengan sistem PoS (Point of Sale). Selain itu, metode pembayaran yang tersedia juga sangat bervariasi, sehingga cocok untuk bisnis di era modern seperti saat ini. Anda bisa langsung mengecek fitur terlengkapnya di website https://pasarind.id.

Muhammad Doni Darmawan
Doni is a digital content writer at Pasarind. He keeps on pursuing opportunities to engage with more people through articles and SEO.

Komentar

Siap Memulai Bisnis
Anda Secara Lebih
Mudah?

Set up dalam hitungan menit, mulai berjualan dalam hitungan detik.

Coba Sekarang!

Tidak Ada Lagi Integrasi Rumit

Mulai sekarang juga untuk bisnis yang lebih berkembang dan pasti jauh lebih mudah dengan Pasarind