Ini Dia Tips Memulai Kemitraan Bisnis Frozen Food

By Muhammad Doni Darmawan, 12/05/2022 - 00:05

Dalam dua tahun belakangan ini minat kemitraan bisnis frozen food semakin meningkat drastis. Hal ini dikarenakan adanya pandemi yang membatasi kegiatan orang di luar rumah membuat mereka lebih banyak menggunakan stok makanan frozen untuk dimasak. Maka dari itu tak heran apabila peluang ini dimanfaatkan banyak orang untuk berbisnis.

Jika ada yang bilang bahwa bisnis frozen food harus dilakukan secara individu itu salah besar. Pasalnya sudah ada mitra yang akan membantu para pelaku bisnis untuk dapat menjalankan usaha frozen food. Namun, sebelum memulai bisnis ini sebaiknya memperhatikan beberapa poin berikut ini.

5 Pertimbangan untuk Membuka Kemitraan Bisnis Frozen Food

  1. Pastikan mengetahui sistem yang digunakan

Sistem yang ada di kemitraan bisnis frozen food itu berbeda dengan sistem yang dimiliki bisnis pada umumnya. Ada beberapa peraturan yang harus ditaati. Jadi memang sangat benar jika pertimbangan pertama adalah mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang sistem yang digunakan.

Perlu diketahui juga bahwa masing-masing dari perusahaan mitra memiliki ketentuan yang tidak sama. Ada standar yang digunakan dan biasa disebut sebagai SOP. Untuk menemukan informasi terkait Anda dapat langsung menanyakan ke mitranya.

Baca juga : Cara Daftar UMKM Online dengan Mudah Pasti Berhasil

  1. Persiapkan modal yang dibutuhkan

Pertimbangan berikutnya adalah modal. Bisnis tanpa modal bagaikan sayur tanpa isian alias kosong. Maka dari itu perhitungkan secara krusial modal yang akan Anda keluarkan untuk membangun bisnis ini. Ada beberapa pembagian biaya yang pasti dibutuhkan yakni listrik, operasional, kemasan, dan pembelian produk. Jadi rinci agar tidak terjadi kesalahan.

  1. Pilih kemitraan yang legal dan dapat dipercaya

Jika ingin serius menekuni bidang kemitraan bisnis frozen food Anda tidak boleh melupakan poin ketiga ini. Di mana sebagai pelaku usaha Anda harus bisa mendapatkan mitra yang legal dan dapat dipercaya. Sehingga produk yang disalurkan kepada Anda berkualitas dan mampu memenuhi kebutuhan konsumen.

Selain itu pastikan Anda memilih mitra yang memiliki izin edar resmi, karena ini bisa menjadi pertanda bahwa mitra tersebut memang tidak palsu. Apalagi mitra yang akan Anda pilih memiliki kaitan erat dengan makanan, tentu kualitas dan keamanannya patut untuk dipertimbangkan.

  1. Tentukan produk apa yang hendak dijual

Seperti yang dijelaskan tadi Anda akan melakukan kemitraan bisnis frozen food. Itu artinya yang Anda jual adalah produk fisik. Di sini Anda harus menentukan pula produk apa yang hendak dijual. Ada beberapa pilihan seperti daging, sayuran, bakso, dan lain sebagainya.

Silakan pilih beberapa yang sekiranya disukai oleh konsumen. Untuk memudahkan Anda dalam menentukan produk silakan lakukan riset kecil-kecilan. Dengan begitu Anda akan mendapat informasi mengenai produk apa yang tengah diburu oleh masyarakat.

  1. Tetapkan target pasar

Terakhir adalah target pasar. Meskipun sudah jelas para pemburu makanan frozen adalah ibu rumah tangga namun tidak ada yang tahu kalau para remaja pun menyukainya. Apalagi jika mereka menjadi anak kos, pasti stok makanan simpel akan menjadi pilihan.

Silahkan memetakan target secara spesifik agar strategi marketing bisa disesuaikan. Jangan lelah untuk mencari tahu karena pebisnis memang dituntut untuk tidak pantang menyerah terhadap permasalahan yang dihadapinya.

Itulah kelima pertimbangan yang perlu dilakukan sebelum bergabung di kemitraan bisnis frozen food. Jika Anda menjalankan bisnis frozen food, maka gunakan aplikasi kasir online Pasarind. Aplikasi ini akan membantu Anda dalam meningkatkan penjualan. Ada banyak fitur yang ada di dalam aplikasi ini. Mulai dari kelola stok dengan mudah, laporan keuangan otomatis, serta memantau penjualan dengan baik.

Pasarind ini merupakan aplikasi berbasis Android yang bisa Anda gunakan secara praktis dan simple. Yuk, segera download aplikasinya melalui PlayStore atau AppStore!

Muhammad Doni Darmawan
Doni is a digital content writer at Pasarind. He keeps on pursuing opportunities to engage with more people through articles and SEO.

Komentar

Siap Memulai Bisnis
Anda Secara Lebih
Mudah?

Set up dalam hitungan menit, mulai berjualan dalam hitungan detik.

Coba Sekarang!

Tidak Ada Lagi Integrasi Rumit

Mulai sekarang juga untuk bisnis yang lebih berkembang dan pasti jauh lebih mudah dengan Pasarind