Aplikasi POS Terbaik, Apa Manfaatnya untuk Usaha?

By Muhammad Doni Darmawan, 17/02/2022 - 00:02

Aplikasi POS terbaik di Indonesia memiliki segudang manfaat yang tidak pernah Anda bayangkan sebelumnya. Seperti pada toko retail besar yang harus mengatur alur keuangan serta persediaan produk. Dimana toko retail tersebut mempunyai ratusan atau ribuan cabang yang tersebar.

Jika toko retail tersebut harus merekrut akuntan, maka bisa dibayangkan betapa ribetnya untuk mengatur keuangan toko tersebut. Mulai dari melakukan laporan keuangan dan mengecek ketersediaan produk setiap hari.

Namun, dengan adanya POS alias aplikasi Point of Sales, toko retail semakin mudah mengatur keuangannya. Nah, jika Anda memiliki toko dengan sistem keuangan yang lebih teratur dan praktis, silakan gunakan aplikasi POS. Jika Anda belum terlalu memahaminya, berikut akan kami rangkum pengertian hingga manfaatnya. Ini dia penjelasan selengkapnya!

Apa Itu Aplikasi POS Terbaik?

Aplikasi POS kerap juga disebut sebagai aplikasi kasir. Nah, aplikasi atau software yang satu ini akan mendukung transaksi secara langsung dengan penjualan dari semua cabang toko retail Anda. Sehingga, proses transaksi bisa menjadi lebih aman, cepat, serta sistematis. Jadi, POS ini bisa dibilang merupakan versi modern dari mesin kasir konvensional.

Pada mesin kasir konvensional, ada cash drawer yang merupakan proses pengelolaan registrasi pada proses transaksi jual beli barang. Sedangkan aplikasi POS dilengkapi dengan perangkat teknologi dengan basis Android dan iOS. Terdapat juga aplikasi yang mendukung perangkat khusus atau konektivitas wireless dengan  printer bluetooth.

Jadi, POS tidak hanya menjadi mesin kasir saja, melainkan juga didukung oleh internet dengan berbagai fitur terbaik yang pastinya akan membantu pemilik usaha. Bahkan, Anda tidak perlu lagi membeli alat khusus maupun mesin kasir yang mahal. Cukup gunakan smartphone maupun tablet, sistem POS siap bekerja untuk Anda.

Manfaat Aplikasi POS

Aplikasi POS mempunyai beragam manfaat bagi penggunanya. Pastinya akan semakin memudahkan para pelaku usaha. Berikut rangkuman manfaat aplikasi POS yang perlu Anda ketahui :

  1.   POS bisa memberi laporan keuangan secara langsung alias real-time sesuai dengan keadaan yang sedang terjadi.
  2.   Mengecek stok barang produksi secara otomatis. Sehingga pegawai tidak bisa berbuat curang karena stok akan selalu diawasi.
  3.   Detail transaksi di setiap cabang retail akan didata serta telah dikonfigurasi sebelumnya. POS juga bisa menyediakan laporan keuangan selama satu periode tertentu apabila dibutuhkan.
  4.   Proses transaksi dengan konsumen akan menjadi lebih singkat.
  5.   Apabila Anda ingin mengganti harga produk, maka POS bisa melakukan hal tersebut secara efisien. Silakan masuk saja ke kategori barang, lalu POS akan memberi data ke semua terminal toko retail.
  6.   Aplikasi POS terbaik juga akan dengan mudah menyimpan harga barang, mencatat pengeluaran, pendapatan, serta laba. Aplikasi juga bisa mengelola stok secara otomatis.
  7.   Sistem POS bisa menghemat budget pengusaha untuk merekrut tim khusus.

Pasarind Aplikasi POS Terbaik di Indonesia

Apakah Anda ingin menggunakan aplikasi POS untuk menunjang usaha? Jika iya, silakan pertimbangkan Pasarind. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk memantau penjualan darimana dan kapan saja, menarik laporan keuangan, hingga mengelola stok sambil rebahan.

Untuk Anda yang memiliki jenis usaha seperti pet shop, food & beverages, cafe & restaurant, retail, dan sebagainya sangat mungkin menggunakan aplikasi ini. Anda yang mulanya kesulitan merekap penjualan hingga promosi, kini sudah tidak perlu pusing lagi.

Anda cukup gunakan satu aplikasi POS terbaik di Indonesia Pasarind!

Muhammad Doni Darmawan
Doni is a digital content writer at Pasarind. He keeps on pursuing opportunities to engage with more people through articles and SEO.

Komentar

Siap Memulai Bisnis
Anda Secara Lebih
Mudah?

Set up dalam hitungan menit, mulai berjualan dalam hitungan detik.

Coba Sekarang!

Tidak Ada Lagi Integrasi Rumit

Mulai sekarang juga untuk bisnis yang lebih berkembang dan pasti jauh lebih mudah dengan Pasarind